PENGENALAN PERALATAN RAFTING

PERALATAN PRIBADI

1. PELAMPUNGPelampung juga banyak macamnya, tetapi semua pelampung mempunyai fungsi yang sama.Pelampung yang dipakai untuk arung jeram adalah pelampung dengan bahan baku didalamnya dari busa yang kedap air, busa bagian depan lebih tebal dari busa bagian belakang, karena apabila seorang hanyut di sungai dalam keadaan tidak sadar atau lemas, maka otomatis orang tersebut akanterapung tengadah atau muka di permukaan air.- Fungsi pelampung : pelampung berfungsi membantu peserta arung jeram dalam keamanannya, karena pelampung akan membantu peserta yang jatuh di air terapung ke permukaan. Fungsi sekundernya adalah sebagai pelindung/body protector terhadap benturan baik  berupa rintangan sungai maupun ( dayung ) sesama peserta. Selain itu ada juga pelampung yang dilengkapi dengan pelindung kepala bagian belakang atau tengkuk.- Cara menggunakan pelampung : sama seperti menggunakan rompi, tetapi kalau pelampung harus dikencangkan dalam pemakaiannya, dengan memasang buckle-buckle ( gesper pengencang ) dan mengencangkannya, karena kalau pelampung terlalulonggar dalam pemakaiannya maka pelampung tidak berfungsi maksimal.

2. HELM ( HELMET )Helm juga ada beberapa macam, seperti yang terbuat dari fiber glass, plastik dan lain-lain.- Sifat-sifat helm :Helm fiber glass, sangat ringan tetapi bisa berbahaya. Apabila terbentur pada/olehbenda keras helm fiber glass mudah pecah, pecahannya sangat gampang melukai apalagi kalau helm pecah pada waktu dipakai.Helm plastik, lebih aman karena tidak mudah pecah dan seandainya pecah, pecahannya tidak hancur. Biasanya helm plastik kalau pecah hanya retak-retak saja. Untuk saat ini para operator arung jeram kebanyakan memakai helm ini.- Fungsi helm : untuk melindungi kepala peserta arung jeram apabila bagian kepala peserta terbentur batu atau benda keras.- Cara menggunakan helm : dalam menggunakan helm jangan terlalu kencang, karena pengarungan memakan waktu cukup lama yang bisa mengakibatkan kepala sakit karena terjepit helm yang terlalu kencang. Atau jangan terlalu longgar karena bisa mengganggugerakan atau pandangan dalam pengarungan.

3. SEPATUJenis sepatu yang baik untuk dipakai berarung jeram adalah jenis sepatu yang dapat melindungi telapak kaki darikemungkinan tertusuk duri/benda tajam lainnya tetapi tidak mengganggu bila digunakan untuk berenang. Biasanya digunakan sandalgunung seperti merk Eiger, Alpina, Boogie dan lain sebagainy

4. PAKAIANJenis pakaian yang tepat untuk dipakai berarung jeram adalah jenis pakaian yang memungkinkan kita tetap dapat leluasa bergerak. Pakaian disini adalah meliputi baju dan celana. Jangan sekali-kali memakai celana jean, karena disamping tidak mudahkering juga tidak memungkinkan kita untuk bergerak dengan leluasa. Usahakan menggunakan baju yang biasa untuk berenang dikolam renang

5. SURVIVAL KITPerlengkapan survival harus selalu melekat pada badan, tetapi usahakan tidak mengganggu gerakan kita. Biasanya terdiridari Korek api tahan air, pisau lipat, obat-obatan pribadi dan lain sebagainya. Survival kit biasanya digunakan untuk perjalanan panjang terutama pada sungai-sungai yang belum pernah diarungi oleh para peserta pengarungan atau pengarungan dalam rangkakegiatan Ekspedisi.

6. DAYUNG ( PADDLE )Ada beberapa jenis dayung yang bisa digunakan untuk arung jeram, yaitu antara lain:

dayung dari kayu, dari aluminiumdan plastik, dari fiber glass dan lain sebagainya.- Sifat-sifat dari dayung-dayung tersebut adalah :

Dayung kayu, lebih berat dan kekuatannya kurang dibandingkan dengan dayung yang dibuat dari bahan lain.

Dayung fiber glass, dayung ini cukup ringan tetapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam, bisa melukai si pemakai atau orangyang ada di sekitarnya.Dayung aluminium dan plastik, dayung ini cukup ringan, terapung di air dan lebih kuat dari dayung lainnya yang tersebut diatas.Sampai saat ini para operator arung jeram di seluruh dunia kebanyakan menggunakan dayung ini.

Untuk pengarungan dengan perahu karet, berdasarkan pemakaiannya dikenal dua macam dayung yaitu :

a. Dayung PaddleDayung ini digunakan untuk pengarungan dengan perahu berawak banyak, jadi masing-masing awak perahu menggunakansatu dayung.

Ukuran panjang dayung disesuaikan dengan ukuran tubuh dan kekuatan awak perahu serta ukuran perahu. Panjangdayung umumnya berkisar antara 150 cm 170 cm.

b. Dayung Oar Ukuran dayung oar lebih panjang dari dayung paddle, hal ini dikarenakan dayung oar memerlukan rangka ( frame )sebagai pegangannya. Rangka ini dipasang melintang diatas tabung perahu. Sepasang dayung oar ( kanan-kiri ) digerakkan oleh satuorang.-

Fungsi dayung : untuk menggerakkan dan mengarahkan atau mengemudikan perahu.-

Cara menggunakan dayung : celupkan daun dayung ke dalam air dan kayuhkan ke depan atau belakang sesuai dengan keinginan pemakai.

7. FLIP LINEFlip line adalah tali yang panjangnya kira-kira setengah meter sampai dua meter dan kedua ujungnya disimpul dengansebuah carabiner.kegunaan dari flip line adalah sebagai berikut:a. Alat bantu untuk melepaskan perahu yang tersangkut dibatu.b. Alat bantu untuk membalikkan perahu bila perahu terbalik.c. Alat bantu untuk melepaskan perahu yang dalam keadaan wrap ringan