Penelusuran Goa Baba Indaruang PADANG

Gua adalah bentuk alam yang tidak berdiri sendiri, tetapi terdapat struktur alam yang melingkupinya, banyak ornamen – ornamen indah yang terdapat di dalam gua, diantaranya: stalactite, stalacmite, rimstones pool, pilar, sodastraw, gourdam, dan pearls, coulumn. Dan berbagai jenis Penghuni gua seperti kelelawar, burung walet, udang, cacing, ulat kaki seribu, dll. Gua merupakan bentukan alami yang tidak biasa terlepas dari linkungannya .Gua yang terbentuk oleh berbagai proses yang melibatkan kombinasi dari proses kimia serta erosi dari air.

Gua Baba berada di Kelurahan Batu Gadang Indarung Padang tepatnya berada dalam   lokasi penambangan batu kapur PT. Semen Padang .Gua ini tergolong Gua Horizontal,medan pada gua horizontal sangat bervariasi, mulai dari lorong kering yang sangat mudah ditelusuri, sampai dengan lorong yang sangat membutuhkan teknik khusus untuk dapat melewatinya. Tipe gua baba termasuk gua basah karena terdapat aliran sungai kecil yang berada didalam gua . Hal yang harus diperhatikan sebelum memasuki gua yaitu menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan dalam gua, seperti penerangan headlamp/senter ,sehingga dapat menerangi setiap penelusuran. Helm yang melindungi kepala dari benturan ornament,coverall untuk menjaga suhu tubuh dalam goa serta sepatu boot.

Batu alam tersebut telah menyulap kegelapan menjadi sebuah keindahan. Batu-batu itu bisa memantulkan secercah cahaya yang elok dipandang mata. Sentuhan sinar senter yang lembut menghadirkan keindahan tersendiri yang bermakna. Membutuhkan waktu sekitar 10 tahun bagi batu itu untuk bisa tumbuh sepanjang satu sentimeter. Suatu proses yang menelan waktu puluhan tahun hingga ratusan tahun. Batu itu saat ini masih tetap hidup, karena masih ada aliran air sebagai salah satu syarat kehidupannya. Kesejukan di dalam juga hadir akibat aliran air berupa sungai kecil yang ada di gua tersebut .

Keindahan pertemuan antara stalaknit dengan stalaktit bisa ditemui di sana. Setelah berjalanan dari mulut goa disambut dengan mewahnya rimstonepool yang berbentuk seperti kolam yang terbentuk ketika terjadi pengendapan air. Berbentuk petakan sawah yang sangat menarik perhatian pada saat mulai melakukan penelusuran.Pada dinding gua yang memiliki ornamen gourdam seperti tirai-tirai, atap gua yang terlihat stalactite yang berukuran kecil atau dinamakan juga dengan sodastrow. Banyak ornament lainnya yang kami temui.

ALLAH MEMANG maha sempurna dan berkuasa. Ia mampu menciptakan apa saja. Tidak hanya pantai yang indah, tetapi ia juga menciptakan keindahan alam di tempat yang gelap gulita, di tempat yang tersembunyi.