Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019

Simulasi evakuasi bencana Gempa Bumi yang dilakukan di Gedung I Universitas Andalas pada tanggal 26 April 2019 yang menggerakkan Ambulance ,Pemadam kebakaran milik Universitas Andalas . Kegiatan ini di buka oleh Bapak Wakil Rektor III ( Prof.Dr.Ir. Hermansah, MS. M.Sc ) . Simulasi dilakukan pada detik – detik setelah jam 11.00 wib dengan pertanda sirine yang berbunyi.

Partisipan yang mengikuti simulasi ini merupakan mahasiswa yang sedang belajar di gedung I ,mereka ikut antusias terhadap sirine yang terdengar menandakan  waspada terhadap bencana. Semua mahasiswa yang berada disekitar berlari menuju titik kumpul yang telah ditentukan.  Simulasi  kesiapsiagaan bencana dikoordinatori oleh UKM Kosbema yang memang bergerak dalam pengurangan resiko terhadap bencana, kesuksesaan kegiatan ini juga didukung dengan bantuan UKM lainnya,seperti KSR-PMI Unand yang membantu dalam pertolongan pertama dalam menangani korban serta keperluan medis yang dibutuhkan pada saat simulasi dilakukan, Resimen Mahasiswa sebagai tim keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan simulasi serta mengarahkan korban menuju titik kumpul, MAPALA UNAND sebagai tim rescue dalam penyel terjadinya bencana, maka demi meminimalisir terhadap korban bencana harus siap dengan kondisi rawan terhadap bencana. Walaupun banyak isu-isu  akan terjadinya bencana kita tidak boleh panik. Jika terjadinya bencana maka kita tau tindakan awal yang harus dilakukan demi menyelamatkan diri dan saudara-saudara lainnya.

Harapan Wr III ” semoga kegiatan ini mampu membuat sadar akan peduli terhadap bencana yang terjadi ,dan yang mengikuti sosialisasi pada hari ini mampu mensosialisasikan keseluruh mahasiswa agar mereka mengetahui apa yang akan dilakukan jika terjadinya bencana pada daerah kita”